Teknis Analisis Data Kualitatif

 
Teknik analisis data kualitatif menurut Biklen dan Bogdan dalam Moloeng (20011 : 248), adalah proses pencarian dan penyusunan data yang sistematis melalui transkip wawancara dan catatan lapangan, serta dikumentasi yang secara akumulasi menambah pemahaman peneliti terhadap yang ditemukan.
 
Menurut Miles dan Huberman (1992) terdapat tiga teknis analisis data kualitatif. Adapun ketiga teknik tersebut antara lain :
 
1. Reduksi Data
Reduksi data merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif.Reduksi data adalah bentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu dan mengorganisasi data sedemikian rupa sehingga kesimpulan akhir dapat diambil.Reduksi tidak perlu diartikan sebagai kuantifikasi data.
 
2. Penyajian Data
Penyajian data merupakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif. Penyajian data adalah kegiatan ketika sekumpulan informasi disusun, sehingga memberi kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan. Bentuk penyajian data kualitatif berupa teks naratif (berbentuk catatan lapangan), matriks, grafik, jaringan dan bagan.
 
3. Penarikan Kesimpulan
Kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat pada tahap pengumpulan data berikutnya. Namun, apabila kesimpulan pada tahap awal didukung

Daftar Pustaka:
  • Lexy J Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif .rev.ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif  Buku Sumber Tentang Metode - Metode Baru. Jakarta: UIP.

Komentar